« Home | Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H » | Aden panen Ubi » | Gangguin mama:)) » | Aden dan kaka » | ギャル曽根 » | Maen pilem...syuting ke-1 » | Back to scholl » | kayak cerita di maruko chan....:)) » | Agustus nan panaz » | Hirakata park - Pretty cure » 

Tuesday, October 23, 2007 

The Lake Biwa Museum

Minggu kemaren kita diajakin ensoku ke shiga sama ibu asuh kita selama di jepun bareng dengan perkumpulan keluarga orang asing yg lainnya. Nyarter 2 bus besar berkapasitas 60 orang lebih kali ya, kumpul di main campus kyoudai jam 08.30. karena harus ngumpul jam segitu berarti kita mesti berangkat dari rumah jam 07.00 pagi, wah...pasti gak bakalan sempat sarapan nih aden dan kaka. Makanya mama mesti nyiapin bentou buat bekal sarapan nih. Malemnya aden udah diwanti wanti untuk cepet tidur biar besok pas bangun bisa segaran. lagian juga udah dikasih tau bakal ketemu sama rina dan mayu, cucunya ibu asuh kita, bakalan ensoku juga naek bus, jadinya tambah semangat deh. Karena kalo pas di hoikuen ada juga acara ensoku/piknik begini. Dan esok harinya alhamdulillah aden dan kaka gak rewel walopun mesti bangun pagi-2 cuman sikat gigi dan cuci muka plus ganti baju, langsung tancap deh. Seger kali yach...pagi-2 langsung keluar naek sepeda lagi, menuju keihan stasiun. Yo sutra sambil naek kereta sambil sarapan onigiri sama sandwich buatan mama minumnya teh anget buatan ayah.....mmmmmm....yummy.

Tujuan pertama kita ke museum danau biwa (lake biwa museum), nyampe didepan pintu pas jam 10.30, diwanti wanti nanti ngumpul didepan jam 11.40 buat ngambil bentou makan siang, makanya waktunya gak lama. Musti pinter-2 manage plus megang kaka yg udah pengen kesono kemari tanpa tujuan hehehehehe. Museum ini terbagi menjadi 3 lantai, B1, Lt. 1dan lt.2. B1berisi collection storage area. Saya gak bisa ngasih info lebih di lt. ini soalnya gak sempat kesono sih. Lt. 1 nya ada banyak fasilitas cuman yg penting dan kebetulan kita bisa masuk di ruang discovery room dan aquarium. Discovery room berisi permainan anak-2 dari jaman jadul sampe modern, yg inti permainannya adalah untuk menjaga keseimbangan alam. Terus menuju ke aquarium, disini ditampilkan berbagai macam spesies ikan di dunia terus dibandingkan dengan berbagai spesies ikan di danau biwa atau di laut jepun lainnya. Naek ke lantai 2, ada 3 ruang yg ditampilkan tapi kita cuman bisa masuk 2 ruangan karena waktunya udah mefet euy. Ruang yg pertama adalah tempat nampilin kehidupan sekitar kita dari jaman baheula sampai sekarang, kayak, ditampilin barang-2 electronic atau barang-2 rumah tangga yg diberdasarkan tahun. Dari tahun 1960 an sampe th 2000, kondisi kehidupan plus rumah jaman jadul, kek filem oshin itu lho:)) Plus tampilan-2 yg lain yg sangat menarik untuk dilihat tapi capek nulisnya nih whoehehehe....masuk ke ruang berikutnya adalah menampilkan seperangkat alat transportasi dan memancing dari tahun ke tahun khususnya yg digunakan disekitar danau biwa. Beberapa alat dari negara lain juga ditampilkan disini sebagai perbandingan jaman.

Sebenarnya masih ada beberapa ruangan yg belum sempat kita masukin. yah karena waktunya cuman 1,5 jadi yah...lain kali ya kalo pas kesini lagi. Pokoknya sapa yg dateng kesini dijamin gak rugi deh. Museumnya informatif banget, fasilitasnya juga oke punya, penjelasannya lengkap baik secara tertulis maupun secara visual. Tempatnya bersih, terawat, wangi, petunjuk jelas. Duhhh pokoknya betah deh didalem:)) kayak orang jualan aja ngomongnya hehehehe. Pas jam 11.40 ngambil bentou, naek lagi ke atap paling atas sambil ngeliat pemandangan biwako dan kincir angin sambil makan siang deh. Sebelum jam 1 juga udah harus di dalam bus buat perjalanan berikutnya. Untuk info lebih lengkapnya bisa dicek di web ini www.lbm.co.jp.

ma keluarga sakata lagi ya ^o^ hehe cik acik acik enzoku-nya ya...
arep tak ajak ning kyoto lha mung diluk ki papa libur sesuai jadwal pemerintah sih.
kangen kangen..rambutmu we dowo wid.

Post a Comment

Yang mbikin...

  • Widya Sambodho
  • 京都 - Surabaya

Yang laen...


Yang mo jalan...


Yang mo ngeGossip...



Yang dicinta...






Yang ngebantuin...








Bantu Anak Indonesia