« Home | Fazahra vs Farischa » | anpanman » | Mulai deh......... » | Baton saya » | gak klop » | sankanbi » | sepatu yang membiru haru » | Toko Surabaya » | Kinkakuji » | kuliner » 

Thursday, July 14, 2005 

Gion Matsuri

Gion Matsuri adalah salah satu festival paling besar yang digelar setiap tahunnya di setiap tgl 17 Juli di Kyoto. Dua yang lainnya adalah Aoi Matsuri diadain tiap tgl 15 Mei dan Jidai Matsuri diadain tiap tgl 22 Oct. Tapi kalo saya melihatnya keknya gion matsuri yang paling dielu - elukan deh. Prosesinya sendiri sudah dimulai sejaktgl 1 juli ampe tgl 31 Juli. Festival ini dimulai th 869 yang awal istilahnya adalah "Gion-sha" tapi berubah menjadi gion matsuri sejak pergolakan restorasi meiji. Event ini dulunya digelar untuk pengusiran wabah penyakit yang mematikan & membuang kesialan di kyoto. Tapi seiring dengan kemajuan jaman & berkembangnya teknologi modern akhirnya perayaan ini menjadi simbol keberadaan zaman bahula & menjadi salah satu daya tarik wisata. Kalo mau baca lebih lanjut soal gion matsuri bisa klik disini deh MUlai dari tgl 14 ampe tgl 16 Juli semarak acaranya udah mulai terasa. Hari sebelum parade dilaksanakan yaitu tgl 14 Juli "Yoi-Yoi-Yoi-Yama" or tiga hari perayaan sebelum hari H tgl 17 Juli. Tgl 15 nya disebut "Yoi-Yoi-Yama" sdgkan tgl 16 nya tingal ngilangin Yoi satunya jadi "Yoi -Yama" aja. Bisa aja deh orang jepun tuh............ Mulai sore hari sepanjang jalan tempat parkirnya kereta udah rame dengan hiasan khas jepun plus ada musik & tari-tarian traditional jepun. Sepanjang kanan kiri jalan full penjual makanan macem-2 deh dari yaki soba, takoyaki, sosis goreng, ayam goreng, okonomiyake, kalo di indo persis kek kalo ada pasar malam gitu. Biasanya orang jepun sendiri menikmatinya dengan bejalan rame-2 bareng keluarga, pacar or teman dan biasanya pake pakaian kimono yang biasa disebut yukata , yaitu kimono yang khusus dipake pas musim panas, biasanya bahannya tipis dengan corak yang berwarna warni bagi yg dipake cewek lho. Orang asingpun kalo pengen pake yukata juga boleh aja, pokoknya mo dandan aneh-2 pun siapa takut.......gitu lho.

Emang dari kemarin-2 kita dah ngerancanain kalo pas ada Gion Matsuri kita mo pergi pas Yoi yoi yama aja, lebih seru, lebih variatif, dan lebih bagus, apalagi kalo ngeliatnya pas malam hari karena ditambah dengan hiasan lampu - lampu yang tambah bikin asyik. Kalo pas tgl 17 julinya pas paradenya, sengaja gak liat, soalnya udah liat pas taon kemarin jadinya gak kepengen liat lagi, paling ya gitu-2 aja karena toh sebenarnya hiasan keretanya sama aja kok. Kalo ada yang pengen ngeliat saya saranin liatnya pas di jalan belokan aja karena disitulah letak uniknya. Kenapa ? karena pada saat itu roda-2 kereta yang bener-2 murni dari kayu itu akan dbelokkan dengan cara yang bener-2 traditional & menguras tenaga bagi si penariknya plus teriakan-2 tanda aba-2 dan tanda semangat agar dengan sekuat tenaga roda bisa berbelok dengan bagus.



Seperti inilah contoh kereta yang akan ditarik pas parade nanti tgl 17 Juli



Dan beginilah suasana sepanjang jalan Shijo yang penuh dengan pejalan kaki yang menikmati Yoi-Yoi-Yoi Yama. Dan model kimono Yukata yang dipake oleh orang jepun. Macem-2 sih model kimononya ada juga anak muda yang agak pede gitu dengan kimono pendek, plus dada sengaja dibiarkan terbuka........ampe dalemnya pada keluar semua....mo ke pantai or kemana sih mbak ?



Ini juga salah satu atraksi yang ditampilkan, musik traditionalnya jepun, kayak gamelan sih, tapi masih bagus gamelan. Kalo ini kedengarannya monoton, kayak gak ada nada, cuman kencrong-2 doank



Kalo dekorasi yang ini pasti ada dikereta manapun, gak dikereta juga banyak, di toko-2 or di warung-2 jepun juga suka ada lampion kayak begini.



Nah kalo yang ini, terutama di kereta-2 yang besar bisa memuat beberapa orang untuk masuk didalamnya sambil memainkan musik or sambil menari.

ye asik dah bisa dibuka. gion matsuri ni eman paling gede festivalnya lha wong masuk buku pelajaran nihin go segala hehe...moga2 bs kesana kita hihi...

Post a Comment

Yang mbikin...

  • Widya Sambodho
  • 京都 - Surabaya

Yang laen...


Yang mo jalan...


Yang mo ngeGossip...



Yang dicinta...






Yang ngebantuin...








Bantu Anak Indonesia