« Home | Takeda Byouin » | hanami 2006 » | Edisi Januari - Februari » | eNG...i...eNG » | Kurama » | Dekita................ » | Lebaran dan sesudanya » | Menjelang Lebaran » | maunya siapa yah ? » | Buka Puasa II » 

Saturday, April 22, 2006 

Fushimi Kou-Pelabuhan Fushimi (伏見港)

Baru nyadar kalo tempat tinggal sementara kita sekeluarga di Kyoto ini, Fushimi Ku namanya, menyimpan banyak sekali kenangan sejarah yang teramat berharga untuk dilupakan. Namun, sayangnya, tidak semua wisatawan asing, mengetahui tentang keunikan sejarah daerah Fushimi ini.

Sabtu kemaren, sebenernya tanpa rencana kita bersepeda, melepas penat....sampai akhirnya kita semua setuju untuk melihat-lihat salah satu kawasan bersejarah di daerah Kyoto ini. Tujuan kita akhirnya ke Fushimi Kou, suatu daerah bersejarah, yang lokasinya agak berdekatan dengan Chushojima, Keihan-Station (liat peta dibawah) sori, ngga sempat ngedit, petanya masih dalam bahasa aslinya)..menarik dan indah sekali Pelabuhan Fushimi ini.....

Masih inget postingan tempo hari tentang Osaka Castle, Fushimi Kou ato enaknya disebut aja Pelabuhan Sungai Fushimi, dibangun juga oleh orang yang sama, yang membangun Osaka Castle. Pelabuhan sungai ini dibangun pada saat yg hampir bersamaan dengan dibangunnya Fushimi Castle (juga dibangun oleh orang yg sama...tuh khan bingung khan.....).

Menurut sejarahnya, pelabuhan sungai ini pertama kali dibangun oleh Hideyoshi Toyotomi (yg juga membangun Osaka Castle) pada era Heian. Sepeninggal Hideyoshi Toyotomi, giliran Ieyasu Tokugawa lah yg meneruskan merawat pelabuhan sungai ini.

Pada masa kekuasaan Ieyasu Tokugawa inilah, pelabuhan sungai Fushimi ini, berkembang menjadi salah satu pelabuhan sungai komersial terbesar pada masanya. Dimana, letaknya yang strategis, menghubungkan urat perdagangan dua kota besar diwilayah kansai, Osaka-Kyoto. Daerah Fushimi sendiri, dikenal sebagai sentra pembuat sake (酒-minuman keras khas jepang)berkualitas sejak jaman dulu, sehingga peran pelabuhan ini dalam mendistribusikan sake produk Fushimi ini sangatlah besar.

Sejak abad 21, peran pelabuhan sungai ini sudah berubah menjadi tempat wisata....ya...mungkin keinginan pemda setempat, pengen menjadikan pelabuhan sungai ini beserta alur pelayarannya sebagai venesia nya Kyoto atau Kali Mas nya Kyoto kali...he...he....Jadi inget Kali Mas, di Surabaya sana.....cita-cita pemkot Surabaya sih sama...pengen memajukan wisata sungai....Smoga aja ada anggota dewan atau pegawai pemkot Surabaya yg baca, sehingga apa yg ada di Fushimi Kou, bisa dicontoh..he..he..he...



Huaaa..mbak Widya..inget Fushimi inget rumahku dulu di Kyoto. Khan alamatnya: Kyoto-fu, Fushimi-ku, Hazukashi Shimizu chou..hiks...Pelabuhannya berarti dekeeeet ma rumahku dulu kanaaa..;_;
Mana deket dgn Chusojima eki pula...kangeeen inget pengajian kita duluu..#_# (banjir mode on dah)

si dedek suka jalan nih keknya ^o^

iya mbak wahyu , deket kok darirumah yang dulu tyt, kita juga gak bakal ngerti kalo labnya suami gak pindah disitu. Begitu keluar eki chusojima langsung inget pas pengajian di tempatnya mbak wahyu dulu, lha aku pernah kesini, pernah lewat sini :))kangen juga nih..

Apa kabar Bumil (Widya)? dan juga Aden...

Kayaknya gambar jembatan itu pernah dipakai shooting Dorama deh??

Wah lama ndak mampir sini mbak, udah gede ni babynya di peyut, moga sehat sll yaa :)

Wah Hideyoshi Toyotomi, yg bikin osaka castle, itu kan tokohnya novel Taiko karangannya Eiji Yoshikawa...duh aku suka bgt novelnyaaa, tmbah suka liat benda bersejarahnya!!!! :))

Iya, mbak Widya.., aku kenal bibip baru loh.., tapi kayk dah kenal lama bgt..(orgnya asyik..) *jgn GR yah Bip..*

Mbak Widya.. dah brp bulan nih dede yg diperut?, moga2 sehat2 aja yah...

Post a Comment

Yang mbikin...

  • Widya Sambodho
  • 京都 - Surabaya

Yang laen...


Yang mo jalan...


Yang mo ngeGossip...



Yang dicinta...






Yang ngebantuin...








Bantu Anak Indonesia